Pages

Apr 12, 2008

Bupati Deli Serdang Drs. H. Amri Tambunan : ”Tanamkan Rasa Kasih Sayang Antar Sesama”

Bupati Deli Serdang Drs. H. Amri Tambunan :
”Tanamkan Rasa Kasih Sayang Antar Sesama”


Percut Sei Tuan


Bupati DS mengatakan kita tidak boleh menjadikan agama sebagai dasar dan motivasi kebencian kepada umat manusia, karena ajaran agama telah menyerukan agar manusia menanamkan kasih sayang di antar sesama.
Demikian Bupati Deli Serdang, Drs. H. Amri Tambunan pada acara Festival Koor Antar Gereja Kecamatan Percut Sei Tuan, Sabtu ( 29/3) di Kompleks Gereja HKI Pardomuan Nauli Desa Cinta Damai, yang dihadiri ribuan warga. Selanjutnya Bupati meninjau berbagai kegiatan gotong royong Gerakan Deli Serdang Membangun.
Lebih lanjut Bupati mengatakan , tatanan biologis dan ritual ajaran agama memang mempunyai perbedaan antara satu dengan yang lain, namun pada tatanan etis meskipun bertolak dari pandangan teologis yang berbeda, ajaran–ajaran etika keagamaan akan bermuara pada tujuan yang sama yakni menciptakan manusia yang paripurna.
Melalui festival Koor ini Bupati mengajak untuk bergandengan tangan, bahu membahu, saling mengisi dalam kebersamaan yang dilandasi ikatan persaudaraan, kekeluargaan bagi membangun Deli Serdang mencapai kemajuan dan kesejahteraan seluruh umat.
Untuk menyahuti keinginan masyarakat di desa Cinta Damai dalam pembangunan sarana jalan, Bupati mengatakan akan dilaksanakan pengaspalan melalui anggaran tahun 2008 ini.
Atas nama masyarakat desa Cinta Damai DR. Togu Harlen Lumban Raja, SE. Didampingi Pendeta B. Pardede yang juga anggota DPRD DS mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah untuk membangun sampai ke pedesaan yang digelar melalui Konsep Cerdas maupun Gerakan Deli Serdang Membangun yang diharapkan kiranya terus berkesinambungan.
Usai menghadiri acara festival Koor, Bupati beserta rombongan meninjau kegiatan gotong royong masyarakat di Desa Bandar Khalipah yang melakukan pengorekan parit saluran pembuangan air disepanjang jalan desa yang menurut penjelasan Bupati Amri Tambunan pada TA 2008 ini akan diaspal, begitu juga setelah melihat kegigihan masyarakat di desa itu untuk membangun masjid Al Muhajirin secara spontan Bupati menjanjikan akan membantu pembuatan kubah masjid tersebut. Begitu juga dengan yayasan Pendidikan Baitul Aziz yang dipimpin oleh H Mubaroq akan diberikan bantuan pengembangannya.
Kemudian Bupati beserta rombongan melanjutkan kunjungan meninjau kegiatan gotong royong masyarakat di Desa Sei Rotan yang melakukan pembersihan dan pengorekan parit – parit di sepanjang jalan. Sekaligus di desa itu dilakukan Peresmian pemakaian jembatan baru oleh Bupati yang ditandai dengan pemecahan kendi.
Dalam setiap kunjungan masyarakat menyambut hangat dan berharap Pembangunan dengan pola Gerakan Deli Serdang Membangun ( GDSM ) yang dicanangkan Bupati Deli Serdang, Drs. H. Amri Tambunan terus berlanjut pada tahun – tahun mendatang.
Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kadis PU, Ir. Faisal, Kadis Cipta Karya dan Pertambangan Ir. Donald Pangondion Lumbantobing, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, H. Abd. Malik Dalimunthe, SH. MM, Kadis Perindag, Ir.H. Marapinta Harahap MM. M.AP dan sejumlah pejabat Pemkab, Camat Percut Sei Tuan H. Syafrullah S.Sos M.AP beserta Muspika.

Apr 1, 2008

Bupati Tinjau Hasil Kegiatan GDSM di Kecamatan Tanjung Morawa

( Tanjung Morawa )
Bupati Deli Serdang Drs H.Amri Tambunan didampingi Ketua TP PKK Ny H Anita Amri Tambunan meninjau berbagai hasil kegiatan Gotong royong lewat Gerakan Deli Serdang Membangun(GDSM) kecamatan Tanjung Morawa, Jumat (28/3).
Kunjungan tersebut diawali dengan peninjauan gotong royong pembetonan jalan lingkungan pemukiman penduduk di Desa Bangun sari Gg Dewi Warna dan Gg Suka Mulia sepanjang 3300 M dengan dukungan dana swadaya masyarakat.
Bupati dalam kesempatan itu menyampaikan penghargaan yang tulus atas partisipasi masyarakat dalam upaya mambangun daerah melalui kekuatan kebersamaan antara masyarakat, pengusaha dan bersama pemerintah. Kegiatan ini merupakan gambaran masadepan yang cerah.
Bupati berharap agar kegiatan ini tidak sampai disini saja akan tetapi diharapkan adanya terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan rasa nyaman dan tentram tinggal didaerah kita.
Selanjutnya karena melihat kegigihan masyarakat untuk membangun, Bupati secara sepontan membantu 1000 sak semen untuk melanjutkan pembetonan jalan di Desa itu
Sebelumnya Tokoh masyarakat Fauzi Haitami mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang telah memperhatikan pembangunan sampai ke Desa-desa, hingga masyarakat di Desa ini terpanggil untuk bergotong royong membangun secara bersama-sama dengan pola Gerakan Deli Serdang Membangun yang di canangkan Bupati Deli Serdang Drs H Amri Tambunan.
Selanjutnya kunjungan Bupati beserta rombongan melaksanakan Sholat Jumat bersama sekaligus meresmikan Masjid Nurul Hikmah yang terletak di Lingkungan III Kelurahan Pekan Tanjung Morawa yang dibangun melalui kekuatan Swadaya masyarakat serta bantuan dari Hamba Allah yang tidak mau disebut namanya, yang dikoordinir oleh H Deri Tary selaku Pimpinan Yayasan Panti Werda Nur Aisyah yang merupakan lokasi pembangunan masjid tersebut, dengan menelan biaya sebesar Rp. 733 Juta lebih, serta meresmikan taman bacaan masyarakat dan perpustakaan Yayasan Panti Werda Nur Aisyah,
Pada peresmian Masjid ini,Bupati mengatakan kita harus bersatu dan bergandeng tangan untuk membangun daerah Deli Serdang kedepan untuk menjadi lebih baik, karena upaya percepatan pembangunan menuntutkita untuk mampu selalu melakukan keikutsertaan komponen masyarakat yang merupakan kekuatan besar untuk menjadi solusi pemecahan permasalahan dan tantangan.
Melalui pembangunan masjid Nur Hikmah, diharapkan tidak sekedar hanya untuk tempat Sholat saja tetapi memacu semangat untuk taat dalam melaksanakan seluruh tuntunan agama. Karena akhir-akhir ini banyak yang terjebak dalam upaya memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan menempuh cara-cara yang bertentangan dengan agama dan tidak menghargai antar sesama, ungkap mantan Camat Tanjung Morawa ini.
Beliau berharap kekuatan kebersamaan yang telah terbina di Daerah ini tetap ditingkatkan untuk dijadikan kekuatan besar dalam menghadapi tantangan terdepan serta dapat dijadikan percontohan bagi kecamatan-kecamatan lain khususnya di Kabupaten Deli Serdang.
Sementara itu Al Ustad H Sutrisno Hadi SH. MM yang didatangkan dari Ibu Kota Jakarta dalam tausiyahnya mengajak seluruh masyarakat untuk meramaikan Masjid ini, juga dengan adanya kelengkapkan perpustakaan diharapkan untuk meningkatkan minat selalu membaca, karena akan dapat menambah ilmu pengetahuan.
Turut mendampingi kunjungan Bupati, Kadis Sosial Drs H Susmono, Kadis Pendidikan, Pemuda & Olahraga, Drs Sofian MPd, Kadis PU Ir Faisal, Kadis Cipta Karya Ir Donal Lumbantobing, Kadis Infokom Zainuddin Mars S.Sos, Kadis Kependudukan H Abd Malik Dalimunthe, Ka Bappeda Ir H Irman Dj Omar, Kabag Umum Drs Bambang Hariadi, Camat Tanjung Morawa Drs H Hasbi beserta Muspika

Bupati DS Kunjungan Sehari Di Kecamatan Beringin

Bupati Deli Serdang Drs H Amri Tambunan didampingi Ketua TP PKK Ny Ir Hj Anita Amri Tambunan meninjau berbagai hasil pembangunan lewat Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM ) dan Konsep Cerdas di Kecamatan Beringin, Rabu (26/3).
Kunjungan Bupati diawali dengan penyerahan satu Unit Ruang Kelas Belajar ( RKB ) SD 106182 Desa Pasar V Kebun Kelapa, yang diterima oleh Kepala Sekolah Lasmawati yang di bangun lewat Konsep Cerdas dan GDSM oleh DPC Himpunan Pengusaha Swadiri (Hipensi ) Soksi Kabupaten Deli Serdang, yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Ny Ir Hj Anita Amri Tambunan.
Pada acara tersebut Bupati menyerahkan 1000 Batang pohon penghijauan kepada masyarakat, serta bahan bangunan rumah kepada 2 keluarga miskin.
Bupati dalam sambutannya mengatakan dalam upaya pembangunan bangsa kedepan, maka masalah pendidikan adalah merupakan salah satu sektor yang perlu secara tarus menerus menjadi sekala prioritas perhatian, tidak saja dengan bagsa kita tapi bagi bangsa-bangsa lain di Dunia, hal ini sejalan dengan Visi Misi Kabupaten Deli Serdang, adanya keterlibatan masyarakat dan pengusaha bersama pemerintah, melakukan berbagai aktifitas kegiatan pembangunan sekarang ini baik dalam konteks Cerdas maupun GDSM, telah menjadi kekuatan besar dari tiga pilar utama yang bersinerji sehingga telah mampu memberikan solusi pemecahan berbagai permasalahan dan tantangan yang kita miliki.
Bupati menghimbau agar ditumbuh teruskan semangat kegotongroyongan untuk membangun pendidikan guna melahirkan tunas-tunas bangsa yang berkualitas, cerdas dan sehat, kelak mampu menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang akan mengangkat harkat martabat bangsanya sejajar dengan bangsa-bangsa lain.
Sebelumnya Pemuda se-Kecamatan Beringin menyampaikan pernyataan sikap yang disampaikan oleh Ratmoko berisikan ucapan terimakasih kepada Pemkab atas perhatiannya membangun berbagai infrastruktur di kecamatan Beringin, dan mendukung sepenuhnya program GDSM secara berkelanjutan.
Ketua Depincab Hipensi Deli Serdang Khairul Akmal menjelaskan bahwasannya pembangunan satu unit RKB yang telah diserahkan adalah dalam menyahuti program GDSM yang dicanangkan oleh Bupati dan menjelaskan bahwa untuk pengadaan mobiler di RKB tersebut akan dibantu oleh seorang tokoh masyarakat yang tidak ingin disebut namanya.
Usai penyerahan satu unit RKB di Desa Pasar V Kebun Kelapa Bupati beserta rombongan selanjutmya meresmikan pemakaian gedung Pos Kesehatan Desa ( Poskesdes ) dan penyerahan satu unit sepeda Motor Patroli kesehatan di Desa Aras Kabu yang diterima oleh Bidan Desa.
Dalam peresmian Poskesdes itu Bupati mengatakan pembangunan Pokesdes ini adalah salah satu kebijakan yang ditempuh pemerintah untuk membantu pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, diharapkan Poskesdes ini dapat dipelihara dan dikelola dengan baik dan mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh pasien yang akan memanfaatkan pasilitas pengobatan, dikatakan yang terpenting adalah agar masyarakat mengikuti pola gaya hidup sehat. Agar terhindar dari berbagai penyakit, karena akan lebih sulit bila melakukan tindakan dengan pengobatan.
Selanjutnya Bupati melakukan temu ramah dengan masyarakat di Desa Sidodadi dan menyerahkan bantuan berupa 120 ekor Itik kepada kelompok peternak, serta penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu di tempat itu, Parno selaku tokoh masyarakat menjelaskan bahwa di desanya telah di merehab secara gotong royong 17 rumah tidak layak huni menjadi layak huni melalui bantuan dana P2KP, pembuatan jalan rabat beton sepanjang 350 meter, pembuatan 3 unit gorong gorong saluran pembuangan air, pembuatan lening beton sepanjang 20 meter dan pengerasan jalan sepanjang 90 meter.
Pada peninjauan terakhir Bupati beserta rombongan melakukan penaburan 25.000 benih ikan lele dan penyerahan 20 pasang kelinci kepada kelompok GEMA LIPSI ( Gerakan Masyarakat Peduli Potensi ) yang diketuai oleh Rinaldi S, di desa Karang Anyar.
Kunjungan Bupati tersebut turut di dampingi Unsur Muspida Dandim 0204 DS Letkol Inf M Bayu Haritomo, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Drs. Sofyan MPd, Kadis PU Ir Faisal, Kadis Cipta Karya & PertambanganIr Donal Tobing, Kadis Infokom Zainuddin Mars, S.Sos, Kaban Kesbang & Linmas Drs H Eddy Azwar, Kadis Perikanan & Kelautan Ir. Rony Azir Agus, Kabag Umum Drs Bambang Hariadi, Camat Beringin Drs Kamaruddin beserta Muspika.

Nilai-Nilai Ajaran Agama Perlu Kita Hayati Dalam Pembentukan Sikap Dan Prilaku Yang Positif

Bupati DS Drs H Amri Tambunan :

Nilai-Nilai Ajaran Agama Perlu Kita Hayati Dalam Pembentukan Sikap Dan Prilaku Yang Positif


Lubuk Pakam
Nilai-nilai ajaran agama perlu kita hayati dalam pembentukan sikap dan prilaku yang positif sebagai aplikasi kekuatan keimanankehadirad Allah SWT yang dicerminkan melalui rasa cinta dan kasih sayang pada sesema umat sebagai wujud adanya kekuatan kebersamaan dan kesetiakawanan sosial diantara setiap pribadi muslim.
Hal itu dikatakan Bupati Deli Serdang Drs H Amri Tambunan, diwakili Sekdakab Deli Serdang Drs H Azwar S Msi, pada peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1429 H, Pemkab Deli Serdang, di Balairung Pemkab Deli Serdang di Lubuk Pakam, Kamis (27/3).
Bupati Drs H Amri Tambunan mengatakan, bagi kaum muslim Nabi Muhammad SAW diyakini sebagai rasullullah yang telah membawa kesempurnaan ajaran Islam dan berhasil mengubah wajah dunia dan peradaban manusia kearah yang lebih baik, lebih manusiawi dan lebih beradab dibanding waktu sebelumnya.
Menurut bupati, sandaran moral dan spritual sebagian masyarakat sekarang ini dirasakan semakin rapuh dan menurun.Hal ini ditandai dengan meluasnya sifat ketidak jujuran, kecurangan, penghujatan antar individu dan golongan, bahkan melakukan perbuatan maksiat yang seakan-akan sudah tidak asing lagi terjadi di dalam masyarakat maupun ditengah-tengah kehidupan berkeluarga.
Oleh sebab itu harus disadari nilai yang terkandung dari keimanan sesungguhnya adalah nilai moral yang dilandasi ikatan kebersamaan dan ikatan ukhuwah islamiyah yang dapat membangun kesinerjian diantara semua umat, kata bupati.
Bupati mengatakan kita ingin maju bersama untuk kepentingan semua, karena kehidupan berbangsa dan bernegara akan timpang jika satu golongan masyarakat maju jauh ke depan sementara yang lain tertinggal dibelakang.
Karenanya momentum peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW harus dijadikan tonggak pembaharuan semangat dan tekad untuk memperkokoh kebersamaan dalam upaya memberikan sumbangan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara khususnya di Deli Serdang sekecil apapun yang dapat diberikan, harap bupati.
Sementara Ustaz Amir Saleh Nasution S.Ag dalam tausiahnya mengatakan lidah dan hati bila dipelihara dan dijaga dengan baik akan menyelamatkan kita di dunia dan akhirat. Tapi sebaliknya bila kita tidak mampu akan membawa celaka bagi kita di dunia dan akhirat.
Karenanya peningkatan iman serta rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah harus selalu tertaman didalam jiwa setiap umat muslim. Meski tinggal di rumah gubuk, bila kita mensyukurinya maka akan tercipta rumah tangga yang bahagia dengan keimanan dan ketaqwaan yang tinggi kepada Allah SWT.
Turut memberi sambutan H Akhiruddin LC yang intinya mengajak umat untuk saling menghormati, nasehat menasehati dan saling evaluasi diri.
Peringatan maulid diawali pembacaan Al Qur’annulkarim oleh Ahmad Fadlan S.Ag, selain dihadiri ratusan PNS juga hadir Ketua TP-PKK Ny Ir Hj Anita Amri Tambunan, Ketua DWP Ny Hj Fauziah Azwar.S, Muspida, Ketua MUI serta camat se-kabupaten Deli Serdang.

BUPATI DS KUNJUNGI DAN BERI BANTUAN KEPADA KORBAN ANGIN PUTING BELIUNG PERCUT SEI TUAN

Deli Serdang
Bupati Deli Serdang, Drs H Amri Tambunan bersama sejumlah pejabat Pemkab mengunjungi korban bencana angin puting beliung di Kecamatan Percut Sei Tuan, Kamis (27/3) sekaligus memberikan bantuan.
Kunjungan Bupati beserta rombongan bertemu langsung dengan para korban. Untuk memberikan semangat dan meringankan beban warga, Bupati memberikan bantuan Rp.60 juta, 1,5 ton beras, 200 kotak mie instan serta sejumlah sembako.
Pada kesempatan itu Bupati menyatakan rasa keprihatinannya atas bencana yang menimpa warga dan meminta agar tabah menghadapi cobaan bencana alam itu. Kesedihan hati para korban juga dirasakan oleh Bupati sebagai kepala pemerintahan di Deli Serdang. Dibalik peristiwa yang cukup menyedihkan bagi para korban, mudah-mudahan Tuhan yang maha kuasa memberi hikmah yang besar.
Semua akan menjadi lebih baik dengan tetap berpegang teguh pada ajaran agama. Begitu juga kepada warga yang tidak terkena musibah diharapkan dapat membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana. Bantuan dapat dilakukan dengan memberi bahan makanan, tumpangan dan bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak.
Kunjungan pada hari itu dilakukan Bupati di 2 desa yaitu Sungai Rotan dan Sumber Rejo Timur. Sedangkan desa lainnya yang menjadi korban yaitu Tembung, Bandar Klippa, Desa Kolam dan Cinta Damai diharapkan segera dilayani pihak kecamatan dengan menyalurkan bantuan yang ada.
Bupati mengintruksikan kepada seluruh jajaran kecamatan setempat beserta Kepala Desa agar membantu dan mengkordinir segala upaya rehabilitasi, dan mengaktifkan posko Kesehatan dan posko keamanan.
Menurut laporan dari Camat Percut Sei Tuan H Safrullah S.Sos korban yang terkena angin puting beliung tersebut sebanyak 193 kk. Di Desa Tembung 23 rumah, Bandar Khalipah 13 rumah, Sei Rotan 88 rumah, Sambirejo Timur 61 rumah, Kolam 7 rumah, dan Cinta Damai 1 rumah.
Hadir dalam kunjungan itu Kadis Sosial Drs H Susmono MAP, Kadis Perindag Ir H Marapinta Harahap, Kadis Kependudukan Abdul Malik Dalimunthe SH, Kadis PU Bina Marga Ir Faisal, Kadis Cipta Karya Ir Donal Lumbantobing, Ka Bapeda Irman Dj Oemar, Kadis Infokom Zainuddin Mars SSos, Kabag Umum Drs Bambang Hariadi, serta dari Tim Dinas Kesehatan.